Sunday, January 22, 2017

Contoh Laporan KKG/MGMP


BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR  BELAKANG
Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam memajukan suatu bangsa, sehingga pendidikan harus dilakukan secara profesional. Dan guru adalah ujung tombak dalam menentukan sukses atau tidaknya pendidikan, oleh karena itu guru garus mampu bersikap profesional dalam menyelenggarakan pendidikan.
Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh pegawai negeri sipil
Kegiatan mendidik, mengajar dan mebimbing adalah kegiatan yang urgen dalam keberhasilan pembelajaran maupun pendidikan, oleh karena itu sebelum melaksanakan pembelajaran guru dituntut untuk mampu menyusun sebuah perencanaan dengan baik.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Keamatan Banyuputih melaksanakan pelatihan Pengembangan Silabus dan RPP, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya dan kompetensinya di bidang perencanaan pembelajaran.
                                                                                         
B.     TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dilaksanakannya KKG Paket 1 materi Pengembangan Silabus dan RPP adalah :
1.      Mengembangkan kompetensi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran.
2.      Terwujudnya sebuah pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3)  pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaiaan yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator   pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
3.      Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran

C.    MANFAAT DIKLAT
1.      Memotivasi guru yang profesional untuk mengembangkan mutu dan prestasi kerja pada madrasah tempat tugas masing-masing.
2.      Meningkatkan kemampuan profesional Guru dalam mengembangkan kemampuannya di bidang penyusunan perangkan pembelajaran

D.    SASARAN
Terwujudnya peningkatan kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Banyuputih yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang profesional sebagai guru sesuai dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undaang Guru.

E.     TARGET
Target yang harus dicapai dari kegiatan tersebut adalah peserta KKG dapat memahami dan memiliki keterampilan tentang pengembangan Silabus dan RPP.


BAB II
LAPORAN KEGIATAN


A.    DESKRIPSI TEMPAT DAN WAKTU
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Kecamatan Banyuputih Paket 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan pada :
a.       Hari                :  Sabtu
b.      Waktu             :  pukul 10.00 WIB s.d. selesai
      Kegiatan dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali pertemuan
Pertemuan Ke-
Hari, Tanggal
1
Sabtu, 1 Agustus  2015
2
Sabtu, 8 Agustus  2015
3
Sabtu, 15 Agustus  2015

2.      Tempat Pelaksanaan
a.       Tempat                       :  Ruang Kelas MI Negeri Kalibalik
b.      Alamat                        :  Jl. Lapangan No. 43 Kalibalik, Banyuputih

B.     MATERI KEGIATAN
1.      Hari ke 1 ; 1 Agustus 2015
a.       Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembe-lajaran, dan indikator pencapaian kom-petensi untuk penilaian.
b.      Prinsip-prinsip pengembangan silabus
-          ILMIAH,yaitu keseluruhan materi dan kegiatan yg menjadi muatan dlm silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
-          RELEVAN, yaitu cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.
-          SISTEMATIS, yaitu komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
-          KONSISTEN, yaitu adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
-          MEMADAI, yaitu cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penialian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
2.      Hari ke 2 ; 8 Agustus 2015
a.     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  adalah  rencana  kegiatan pembelajaran  tatap  muka  untuk  satu  pertemuan  atau  lebih.  RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta  didik  dalam  upaya  mencapai  Kompetensi  Dasar  (KD): Permendikbud No 65/2013
b.     Prinsip Pengembangan RPP
-          Mengakomodasi perbedaan individu peserta didik
-          Mendorong partisipasi aktif peserta didik
-          Berpusat pada peserta didik
-          Mengembangkan budaya membaca dan menulis
-          Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
-          Mengakomodasi keterkaitan dan keterpaduan
-          Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
3.      Hari Ke 3; 15 Agustus 2015
a.       Praktik Penyusunan Silabus dan RPP
b.      Penutupan

BAB III
PENUTUP

A.    SIMPULAN
Pelaksanaan KKG-MI Paket 1 Materi Pengembangan Silabus dan RPP sangat bermanfaat untuk  meningkatkan kemampuan dan keterampilan Guru  agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengembangkan kualitas pembelajaran di madrasah masing-masing.

B.     TINDAK LANJUT
Peserta KKG-MI Kecamatan Banyuputih, mengimplementasikan pengembangan silabus dan RPP pada madrasah tempat tugas masing-masing.

C.    DAMPAK
Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengembangan silabus dan RPP yang akan memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional.

D.    SARAN

KKG-MI hendaknya secara berkelanjutan melaksanakan program kerja  dengan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk benar-benar bisa membimbing dan memantau dari rencana tindak lanjut yang telah dibuat sehingga tujuan dan sasaran setiap kegiatan KKG akan tercapai.

DOWNLOAD FILE LAPORAN KKG

3 comments: