NOTULEN PELAKSANAAN
KEGIATAN
KELOMPOK KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (KKG-MI)
KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG
TANGGAL
28 OKTOBER 2016 DI MI ISLAMIYAH
KEDAWUNG
Materi : Pengembangan RPP
Narasumber : MU’ARIFIN,
S.Pd.I
Hari/Tanggal : Sabtu, 28
Oktober 2016
Jam : 10.00 – 11.00 WIB
Jumlah
Peserta yang Hadir : 20 (dua puluh) orang
Nama
Peserta yang Tidak : -
Hadir
Alasan
Ketidakhadiran : -
Tujuan:
-
Peserta dapat
memahami tentang prinsip-prinsip pengembangan RPP
|
|
Pokok
Materi :
A. Pengertian RPP
B. Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP
C. Komponen RPP
-
D.
Langkah-langkah Pengembangan RPP
|
|
Uraian
Materi:
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau
lebih. Rencana Pelaksanaan dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan
kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar
(KD).
2. Prinsip RPP
1.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun guru sebagai
terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan
di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk
direalisasikan dalam pembelajaran.
2.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa
yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan.
3.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik. Sesuai dengan tujuan Kurikulum
2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak
berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat
pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu,
kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar,
keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar.
5.
Mengembangkan budaya membaca dan menulis. Proses pembelajaran dalam RPP
dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan,
dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
7.
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan,
dan remedial. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah
suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap
peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai
dengan kelemahan peserta didik.
9.
Keterkaitan dan keterpaduan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan
memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu
keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran
tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan
keragaman budaya.
3. Menerapkan teknologi informasi dan
komunikasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan mempertimbangkan
penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis,
dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
|
|
Metode:
Ceramah,
Tanya Jawab, pemberian tugas
|
|
Media
dan Alat:
LCD,
Slide
|
|
Ice
Breaker:
-
Permainan
|
|
Interaksi
Kelas :
-
Terjadi Tanya jawab peserta
dengan narasumber
-
Terjadi sharing/berbagi
pengalaman antar peserta
|
|
Tugas
yang Diberikan:
-
Menjawab Pertanyaan
-
Praktik permainan
|
|
File yang Diberikan:
makalah pengembangan RPP
-
|
Banyuputih, 13
April 2016
Notulis,
.............................................
terimakasih
ReplyDeletenderek nyonto ndan
ReplyDelete