Sunday, February 5, 2017

Contoh Notulen / Rekam Proses Rapat KKG/MGMP

NOTULEN PELAKSANAAN KEGIATAN
KELOMPOK KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (KKG-MI)
KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG
TANGGAL 28 OKTOBER 2016 DI MI ISLAMIYAH KEDAWUNG

Materi                                      : Pengembangan RPP
Narasumber                             : MU’ARIFIN, S.Pd.I
Hari/Tanggal                            : Sabtu, 28 Oktober 2016        
Jam                                          : 10.00 – 11.00 WIB
Jumlah Peserta yang Hadir       : 20 (dua puluh) orang
Nama Peserta yang Tidak        :  -
Hadir
Alasan Ketidakhadiran                        : -

Tujuan:
-          Peserta dapat memahami tentang prinsip-prinsip pengembangan RPP

Pokok Materi :
A. Pengertian RPP
B. Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP
C. Komponen RPP
-          D. Langkah-langkah Pengembangan RPP

Uraian Materi:
1.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
2.      Prinsip RPP
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan.
3. Mendorong partisipasi aktif peserta didik. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar.
5. Mengembangkan budaya membaca dan menulis. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
7. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
9. Keterkaitan dan keterpaduan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
3.      Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi



Metode:
Ceramah, Tanya Jawab, pemberian tugas


Media dan Alat:

LCD, Slide


Ice Breaker:
         
-          Permainan


Interaksi Kelas :
-          Terjadi Tanya jawab peserta dengan narasumber
-          Terjadi sharing/berbagi pengalaman antar peserta

Tugas yang Diberikan:
-          Menjawab Pertanyaan
-          Praktik permainan

File yang Diberikan:
makalah pengembangan RPP
-       

                   
Banyuputih,    13  April 2016
Notulis,



.............................................

2 comments: