PERHITUNGAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : V (Lima) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : IPA Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Kinerja
Ilmiah
|
||
MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN
1.
Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
|
|
|
|
|
|
|
1.1
Mengidentifikasi
fungsi organ per-nafasan manusia
-
Mengidentifikasi
alat pernapasan pada manusia
-
Menyebutkan
alat pernapasan pada manusia
-
menggambar
alat pernapasan dan mendemonstrasikan cara kerjanya
-
Menjelaskan
penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup
udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman
-
Membiasakan
diri memelihara kesehatan alat pernapasan
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Mengidentifikasi
fungsi pernafasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
-
Mengidentifikasikan
alat pernapasan pada hewan ikan dan cacing tanah
-
membuat
model alat pernapasan pada ikan dan cacing tanah
-
Menyebutkan
alat pernapasan hewan lainnya, seperti burung, katak, lumba-lumba
-
Menyebutkan
fungsi alat pernapasan pada hewan-hewan tersebut
|
|
|
|
|
|
|
1.3
Mengidentifikasi
fungsi organ pencernaan manusia dan
hubungannya dengan makanan dan kesehatan
-
Mengidentifikasi
alat pencernaan makanan pada manusia
-
Menyebutkan
fungsi alat pencernaan pada manusia
-
Mencari
informasi beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan
-
Mempraktikkan
hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan
-
Mengidentifikasi
makanan bergizi
-
Membuat
daftar menu makanan bergizi seimbang untuk dirinya
-
Menyimpulkan
bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan
tubuh sehat
-
Mempraktekkan
cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya
|
|
|
|
|
|
|
1.4
Mengidentifikasi
organ peredaran darah manusia
-
Mengidentifikasi
alat peredaran darah manusia melalui gambar
-
Mencari
informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia
-
Mempraktekkan
kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat
peredaran darah
|
|
|
|
|
|
|
1.5
Mengidentifikasi
gangguan pada organ peredaran darah manusia
-
Mencari
informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia
-
Mempraktikkan
kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat
peredaran darah
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
(
.............................. )
|
|
.....................,
.............
Guru
Mapel IPA.
(
.............................. )
|
.
File KKM secara utuh bisa
di download melalui lingk di bawah ini
KKM Tematik Kelas 1
KKM Tematik Kelas 2
KKM Tematik Kelas 3
KKM Kelas 4
KKM Kelas 5
KKM Kelas 6
No comments:
Post a Comment