Monday, January 30, 2017

Daftar Istilah dan Pengertian dalam Pendidikan

kamus istilah pendidikan

Daftar isitilah tentang pendidikan ini saya susun dengan tujuan untuk memudahkan Bapak/Ibu khususnya bagi para calon guru ataupun guru-guru baru, dan tidak menutup kemungkinan juga guru lama namun masih asing  dengan beberapa istilah dalam pendidikan.
 

Istilah
Sing
katan

Pengertian

Alam Takambang

semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan
Badan Standar Nasional Pendidikan
BSNP
Badan mandiri dan independen yang bertugas mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan.

Evaluasi Kurikulum

Proses penilaian pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dilakukan melalui  teknik  angket, wawancara, penggalian dokumen, dan supervisi kelas.

Evaluasi Pendidikan

Proses penilaian terhadap input, proses transformasi hingga output pendidikan yang meliputi siswa, materi/kurikulum, guru, metode/pendekatan, sarana dan prasarana serta lingkungan manusia dan non- manusia.

Implementasi Kurikulum

Kegiatan untuk melaksanakan semua  rancangan kurikulum yang telah disusun pada tahap penyusunan kurikulum.

Indikator  kompetensi

Perilaku yang dapat diukur dan atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran

Kalender Akademik

Pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran.  Komponen kalender pendidikan meliputi: (1) permulaan tahun pelajaran, (2)  minggu efektif belajar, (3) waktu pembelajaran efektif, dan (4) waktu libur.

Kegiatan Ekstra-Kurikuler
Ekskul
Salah satu bentuk program pengembangan diri yang  berupa kegiatan pembelajaran di luar kelas.

Kegiatan Pengembangan Diri

Kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengeskpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah.

Kepala Madrasah 

Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala pada madrasah dalam mengelola sebuah satuan pendidikan dibawah naungan Departemen Agama Republik Indonesia.

Kompetensi  Dasar 
KD
Sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi.

Kriteria Ketuntasan Minimal
KKM
Target ketuntasan minimal untuk setiap aspek penilaian mata pelajaran, yang telah ditetapkan oleh masing-masing Madrasah. Kriteria Ketuntasan Minimal dihitung berdasarkan empat komponen yaitu: esensial, kompleksitas, daya dukung, dan intake. Karena semua kompetensi dasar itu adalah esensial, maka pertimbangan yang perlu diperhatikan hanyalah ketiga komponen yang lain.

Kurikulum

Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KTSP
Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan berlandaskan kepada standar nasional isi, kompetensi lulusan, pedoman BSNP, dan ketentuan peraturan perundang-undangan dan panduan lain yang relevan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dokumen 1
KTSP: Dokumen 1
Dokumen KTSP yang berisi penyusunan visi, misi, tujuan madrasah,  struktur  dan muatan kurikulum (mata pelajaran, mulok, pengembangan diri, ketuntasan belajar, kenaikan/kelulusan  serta kalender pendidikan) yang sesuai dengan karakteristik masing-masing satuan pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dokumen 2
KTSP: Dokumen 2
Dokumen KTSP yang berisi silabus dan contoh RPP.

Laporan Hasil Belajar Siswa

LHBS
Laporan hasil belajar siswa yang menggambarkan tingkat pencapaian kriteria kompetensi minimal (KKM).

Madrasah

Lembaga pendidikan Islam yang berfungsi sebagai lembaga pengembangan dakwah dan lembaga pemberdayaan masyarakat di bawah naungan Departemen Agama Republik Indonesia.

Madrasah Ibtidaiyah
MI
Salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar sebelum Madrasah Ibtidaiyah atau bentuk lain yang sederajat, di dalam binaan Menteri Agama.

Monitoring Kurikulum

Serangkaian  kegiatan pemantauan terhadap pelaksanaan kurikulum dengan berbagai cara agar pelaksanaan tidak menyimpang dari yang direncanakan berdasarkan indikator keberhasilan yang telah disusun. Monitoring ditujukan untuk melihat sejauh mana progres yang telah dicapai dalam pelaksanaan kurikulum, apa kendalanya, dan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhinya. 

Muatan Kurikulum

Komponen kurikulum yang terdiri dari mata pelajaran,kegiatan pengembangan diri, pengertian beban belajar, ketuntasan belajar serta ketentuan kenaikan kelas dan kelulusan.

Muatan lokal
Mulok
Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran
MGMP
Forum perkumpulan guru mata pelajaran di tingkat sekolah menengah pertama untuk mendiskusikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pembelajaran mata pelajaran yang bersangkutan.
 
Pendidikan Agama Islam

PAI
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diberikan di sekolah.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
PPKN
Nama mata pelajaran untuk memberikan pembelajaran tentang Pancasila dan Kewarganegaraan.

Pengawas Pendidikan Agama

Pegawai Negeri Sipil  yang diberi tugas, tanggung-jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan pendidikan agama di madrasah umum dan di madrasah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis dan administrasi pada satuan pendidikan pra madrasah, dasar, dan menengah.

Pengembangan diri

Kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik  untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan,bakat,minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah.

Pengembangan kurikulum

Rangkaian proses yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi terhadap kurikulum.

Perencanaan Kurikulum

Penetapan tujuan, arah dan cara sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh tiap-tiap satuan pendidikan.

Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat  memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).

Recana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah
RAPBM
Rencana anggaran madrasah yang menggambarkan rencana pendapatan dan rencana belanja madrasah untuk satu tahun.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP
Rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP berisi pengembangan Kompetensi Dasar menjadi indikator, menentukan pengalaman belajar yang sesuai, materi pokok pembelajaran, bentuk, teknik dan instrument pembelajaran berdasarkan alokasi waktu dan sumber belajar.

Pusat Kegiatan Guru
PKG
Forum perkumpulan guru kelas di tingkat sekolah dasar untuk mendiskusikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pembelajaran mata pelajaran di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah.

Siklus Pengembangan Kurikulum

Proses dalam pengembangan kurikulum yang  meliputi delapan langkah: (1) analisis situasi dan kebutuhan, (2) merumuskan arah dan sasaran  kurikulum, (3) menetapkan standar kompetensi dan hasil belajar, (4) memilih kegiatan pembelajaran, (5) menyeleksi dan mengorganisasikan isi pembelajaran, (6) menyusun metode asesmen dan evaluasi hasil pembelajaran, (7) mengimplementasikan dan memonitor pelaksanaan kurikulum, (8) mengevaluasi kurikulum, dan kembali ke analisis situasi dan kebutuhan

Stake Holders


Silabus

Rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi dan kompetensi dasar,  kegiatan pembelajaran, materi pokok/pembelajaran indikator pencapaian kom­pe­tensi, penilaian, sumber, dan  alokasi waktu belajar

Standar Isi
SI
Standar Isi adalah  ruang  lingkup  materi  dan tingkat  kompetensi  yang  dituangkan    dalam persyaratan  kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian  kompetensi mata pelajaran,  dan silabus   pembelajaran   yang   harus   dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Standar Kompetensi Lulusan
SKL
Kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati.

Standar Kompetensi 
SK
Ukuran kompetensi minimal yang harus dicapai peserta didik setelah mengikuti suatu proses pembelajaran pada satuan pendidikan tertentu.

Standar Nasional Pendidikan
SNP
Kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Strength-Weakneses-Opportunities-Threath

SWOT
Salah satu teknik dalam analisis situasi dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman.

Struktur Kurikulum

Merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peseta didik dalam kegiatan pembelajaran. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.

Supervisi

Serangkaian kegiatan pengawasan yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu, proses dan prestasi akademik melalui pengamatan, penilaian dan pembinaan.

Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Tim Penge mbang
KTSP
Merupakan  penggerak  penyusunan, implementasi, monitoring dan pengendalian, serta evaluasi kurikulum. Tim ini terdiri dari kepala madrasah, komite,  beberapa guru (termasuk Wakil kepala Madrasah bidang kurikulum), tokoh masyarakat, dan nara sumber.

Ulangan Harian
UH
Kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih.

Ulangan Tengah Semester
UTS
Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.

Ulangan Akhir Semester
UAS
Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Ulangan Kenaikan Kelas
UKK
Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut.

Ujian sekolah/madrasah
US/UM
Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan dalam ujian nasional dan aspek kognitif dan/atau psikomotorik kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia serta kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian yang akan diatur dalam POS Ujian Sekolah/Madrasah.
Ujian Nasional
UN
Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan.


No comments:

Post a Comment