Tuesday, January 31, 2017

Trik Perkalian Cepat


perkalian cepat
Matematika merupakan mata pelajaran yang betul-betul menjadi momok  bagi saya saat masih menjadi siswa  baik ketika di MI/SD sampai di SMA. Setiap menghadapi hari yang ternyata ada jadwal Matematika berangkat sekolah dengan rasa malas, dan takut ku paksakan untuk tetap berangkat hanya karena  takut di marahi orang tua di rumah.
Namun setaman dari SMA saya justru merasa penasaran dengan mata pelajaran matematika, sesulit itukah hingga saya merasa ketakutan dengan yang namanya matematika. Dari rasa penasaran itu saya mencoba utak-atik sendiri, mengumpulkan soal-soal matematika yang pernah dipelajari semasa menjadi siswa, hingga ahirnya …… saya justru keasikan dan ketagiihan, setiap melihat soal matematika di mana saja entah di buku  maupun di majalah saya berusaha untuk mengerjakannya tanpa berfikir panjang tanpa rasa takut apabila jawaban saya salah. Dan seterlah saya sadari ternyata saja sudah JATUH CINTA dengan matematika, merasa kangen jika lama tak berjumpa, merasa berdebar-debar setelah berjumpa.


Ternyata  untuk menguasai matematika kita harus menguasai konsep dasar dan bermain logika, dan konsep paling dasar yang harus dikuasai adalah :
  • 1.       Konsep penjumlahan dan pengurangan
  • 2.       Konsep perkalian dan pembagian
  • 3.       Konsep pangkat dan akar
  • 4.       Logika




Oleh karena itu di halaman ini  saya akan sediki berbagi /sharing tentang cara menghitung perkalian dengan cepat tanpa membebani otak anak.
Langsung saja kita mulai dengan perkalian satuan
Contoh :
7 x 7 =……
Puluhan terdekat dari tujuh adalah  10, maka untuk mencapai 10 masih kurang 3 selanjutnya kita bayangkan kurang tiga di atas 7.

Sekarang kita coba tanpa menulis cukup bayangkan saja
1.       7 x 9                       3.   8 x 8
2.       7 x 9                       4.  9 x  9
Bagaiamana jika perkalian pada puluhan, missal 12 x 13 dsb…?

Akan kita bahas pada posting selanjutnya, rajin-rajinlah buka halaman ini dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk pengembangan.

No comments:

Post a Comment