Friday, January 27, 2017

Teknik Membaca Berimbang


Program Membaca Berimbang


Program Membaca Berimbang adalah suatu program yang mengedepankan beragam kegiatan membaca yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Program ini dirancang dengan memperhatikan beragam strategi pembelajaran, pemilihan bahan sesuai dengan kebutuhan, dan guru yang responsif. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan dan minat mereka terhadap membaca. Hal ini berkaitan dengan keterampilan membaca siswa yang berpengaruh terhadap pencapaian kemampuan akademik mereka. Semakin baik keterampilan membaca siswa, semakin baik pula pencapaian kemampuan akademik mereka.

Dalam mengembangkan keterampilan membaca siswa, guru dapat menerapkan beberapa strategi membaca berikut :
  1. Membaca Bersama dengan menggunakan Big Book. Kegiatan ini menggunakan teks yang diperbesar agar terbaca oleh semua siswa. Kegiatan Membaca Bersama melibatkan semua siswa dalam satu kelas. Guru memodelkan berbagai keterampilan membaca dan melibatkan siswa selama proses membaca dilakukan. Keterampilan yang dilatihkan dalam kegiatan Membaca Bersama adalah memprediksi, memahami kosakata dan tanda baca, memahami isi bacaan, dan merangkum/meringkas.
  2. Membaca Terbimbing. Kegiatan ini dilakukan di kelompok kecil beranggotakan siswa dengan kemampuan membaca yang sama (homogen). Guru memilih dan memperkenalkan buku baru serta membimbing setiap siswa dalam membaca dan memahami seluruh bacaan. Bimbingan diberikan sebelum, saat, dan setelah membaca.
  3. Membaca Mandiri. Siswa membaca berbagai buku secara individu atau berpasangan. Buku yang dibaca bisa diambil dari koleksi buku yang dimiliki sekolah. Bahan bacaan juga bisa diambil dari paket buku berjenjang sesuai tingkat kemampuan membaca siswa.
Di awal pelaksanaan program Membaca Terbimbing, guru disarankan menggunakan buku  yang sama untuk semua kelompok selama satu semester. Hal ini dimaksudkan untuk membantu guru dan siswa mengenali dan memahami proses pelaksanaan kegiatan tersebut. Di lain pihak, proses ini diharapkan dapat membiasakan siswa dalam menjalankan setiap langkah Kegiatan Membaca Terbimbing.



Kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa akan membuat mereka nyaman dan dapat
memotivasi siswa untuk senang membaca.



No comments:

Post a Comment