Thursday, January 26, 2017

Teks Pidato Siswa : Peran Pelajar dalam Pembangunan Bangsa


CONTOH Pidato Siswa dengan Tema : Peran Pelajar dalam Pembangunan Bangsa

السلا م عليكم ورحمة الله وبر كا ته
بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ , اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Dewan juri  yang saya hormati. Rekan-rekan seperjuangan menuntut ilmu yang saya sayangi dan saya banggakan.
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiat. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw kepada keluarganya, sahabatnya sekaligus kita selaku umatnya yang senantiasa mengikuti risalahnya.
Saya ucapkan terimakasih kepada dewan juri yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato dengan tema "Peran pelajar dalam Pembangunan Bangsa".
Pelajar adalah gambaran pemimpin masa depan.. Jika kita ingin bertanya mau dibawa kemana nasib masa depan suatu bangsa maka lihatlah keadaan pemudanya. Sebagaimana Syekh Mustofa al-Ghalayaini seorang pujangga Mesir berkata :
إن في يد الشبان أمر الأمة وفي أقدامها حياتها
“Sungguh di tangan pemudalah (urusan) bangsa dan pada jejak langkah merekalah hari depan suatu bangsa.


Dari ungkapan tersebut jelas bahwa apabila ingin memajukan bangsa maka dengan membina pemudanya. Dan sebaliknya apabila ingin menghancurkan sebuah bangsa, tidak perlu mengangkat senjata untuk berperang, namun cukup menghacurkan pemudanya saja, maka kelak bangsa akan hancur dengan sendirinya.
Teman-teman pelajar seperjuangan
Sekarang mari kita lihat diri kita, mari kita tengok teman-tekan di sekeliling kita, mudah-mudahan kita yang ada di sini tidak termasuk bagian dari teman-teman kita yang sudah terjangkiti oleh virus pelajar yang sangat berbahaya, yaitu virus hura-hura. Virus yang akan menyebabkan pelajar yang menghabiskan waktunya hanya untuk berhura-hura,  senang-senang, dan tidak mau mengikuti aturan. Saatnya  sekolah bermalas-malasan, pulang sekolah main PS; HP yang seharusnya digunakan untuk menggali informasi seluas-luasnya justru lebih banyak digunakan untuk main game, memilih nonton tv daripada belajar. Hingga lupa PR, lupa tugas lupa cita-citanya
Lantas….apa benar kita sebagai pelajar Madrasah Ibtidaiyah  yang masih kecil, lucu, imut-imut, manja dapat mempengaruhi nasib bangsa ini…?.
Teman-teman pelajar seperjuangan
Ibarat tumbuhan disaat kecilnya sudah bengkok, penuh penyakit, maka tidak akan tumbuh menjadi pohon kayu yang  baik, kuat dan menghasilkan buah yang berkualitas.
Ibarat bangunan kita adalah pondasi. Jika pondasinya lemah, maka semegah apapun bangunan itu hanya tampak indah dari luar namun tidak tahan goncangan, keropos rapuh dan mudah runtuh.
Jadi sudah jelas, walaupun kita masih kecil namun sangat besar peranan kita dalam pembangunan bangsa. Apabila kita hanya bermalas-malasan maka kelak bangsa kita akan diisi oleh yang yang malas. Sebaliknya apabila kita menjadi pelajar yang rajin, penuh prestasi serta berlakul karimah. Maka kelak bangsa kita menjadi bangsa yang maju, penuh prestasi dan bermartabat.
Lantas …. Bagaimana peran kita terhadap pembangunan bangsa ini?
Teman-teman seperjuangan
Sebagai pelajar kita harus memiliki karakter yang kuat agar mampu mengemban tugas dan amanat perjuangan bangsa. Adapun karakter diri yang harus dimiliki oleh pelajar khususnya pelajar islam antara lain:
Yang pertama;    Memiliki Iman Yang Kuat dan Lurus.
Dengan memiliki iman yang lurus dan kuat maka seorang pelajar bisa terbimbing dalam jalur yang benar dan terhindar dari virus – virus pelajar yang telah saya jelaskan tadi. Iman yang kuat dan lurus tersebut akan membawa pelajar pada islam yang baik yang tingkah – lakunya sesuai dengan Al – Qur’an dan As – Sunah.
Yang kedua;     Memiliki Akhlak Yang Mulia.
Akhlak akan menjadikan seorang pelajar tahu dalam bersikap, kapan dia harus hormat, dan kapan dia harus bersikap tegas.   
Yang ketiga; Berpengetahuan Luas.
Ilmu adalah kunci kesuksesan manusia baik itu kesuksesan dunia maupun kesuksesan akhirat. Dalam haditsnya rasulullah saw. telah bersabda bahwa:  “Barangsiapa yang menghendaki kebaikan di dunia maka dengan ilmu. Barangsiapa yang menghendaki kebaikan di akhirat maka dengan ilmu. Barangsiapa yang menghendaki keduanya maka dengan ilmu. (H.R. Bukhori dan Muslim)
Hadits tersebut menjelaskan bahwa ilmu merupakan kunci kesuksesan, atau alat seseorang untuk meraih apa saja yang dia inginkan. Sebagai pelajar islam sudah sepatutnya memiliki ilmu pengetahuan yang luas untuk memajukan bangsa ini.

Teman-teman seperjuangan.
Dengan pergeang iman, akhlakul karimah dan ilmu pengetahuan yang luas kita akan menjadi generasi bangsa, yang siap untuk mengisi kemerdekaan, membangun bangsa  dan melanjutkan cita-cita bangsa yang kita cintai ini.
Dengan pelajar yang beriman bangsa akan aman
Dengan pelajar  yang  beraklak mulia bangsa akan Berjaya
Dengan pelajar  yang beriilmu bangsa akan maju

Demikian yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya mohon maaf.
Wabillahi taufiq wal hidayah.

والسلا م عليكم ورحمة الله وبر كا ته

No comments:

Post a Comment